Current Issue

No 1 (2019): Prosiding SNP2M (Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) UNIM
Published: 2019-01-17

Articles

View All Issues

Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian ke-1 2019

Revolusi industri 4.0 merupakan era digitalisasi pada sektor manufaktur dengan berbagai sensor yang tertanam pada semua komponen-komponen proses produksi (McKinsey &Co., 2015). Dengan kata lain, industri 4.0 merupakan perpaduan berbagai teknologi mutakhir dalam membantu proses produksi cerdas yang dilakukan oleh manusia, serta berfokus pada digitalisasi semua aset fisik dan integrasi kedalam sistem digital yang saling berhubungan dengan rantai pasok. Sejalan dengan perkembangan era Revolusi Industri 4.0, maka perguruan tinggi dilingkungan Kementerian, Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) perlu merespon hal tersebut sehingga diharapkan mampu meningkatkan daya saing bangsa Indonesia di tengah persaingan global. Menristekdikti menjelaskan ada lima elemen penting yang harus menjadi perhatian dan akan dilaksanakan oleh Kemenristekdikti untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan daya saing bangsa di era Revolusi Industri 4.0, antara lain adalah Persiapan sistem pembelajaran yang lebih inovatif di perguruan tinggi seperti penyesuaian kurikulum pembelajaran, dan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam hal data Information Technology (IT), Operational Technology (OT), Internet of Things (IoT), dan Big Data Analitic, mengintegrasikan objek fisik, digital dan manusia untuk menghasilkan lulusan perguruan tinggi yang kompetitif dan terampil terutama dalam aspek data literacy, technological literacy and human literacy. Selain itu, terobosan dalam riset dan pengembangan yang mendukung Revolusi Industri 4.0 dan ekosistem riset dan pengembangan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas riset dan pengembangan di Perguruan Tinggi, Lembaga Litbang, LPNK, Industri, dan Masyarakat dan Terobosan inovasi dan perkuatan sistem inovasi untuk meningkatkan produktivitas industri dan meningkatkan perusahaan pemula berbasis teknologi. Berdasarkan hal tersebut, maka LP4MP UNIM bermaksud menyelenggarakan kegiatan seminar nasional penelitian dan pengabdian masyarakat (SNP2M-2018) yang pertama dengan tema “Penguatan Inovasi Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat untuk Meningkatkan Jejaring di Era Industri 4.0”. Kegiatan Seminar nasional ini dimaksudkan sebagai salah satu bentuk diseminasi hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk berbagi pengalaman dan ide-ide inovatif dibidang keteknikan, sosial sains dan humaniora. 

Maksud dan Tujuan

Seminar yang telah direncanakan oleh LP4MP ini bertujuan untuk meningkakan kemampuan dosen dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud dari kewajiban tridarma perguruan tinggi. Selain itu, dapat mendorong peningkatan publikasi sebagai wujud dari luaran hasil penelitian maupun pengabdian.

 

Pemakalah dapat mempresentasikan makalah yang terkait dengan topik-topik berikut:

Sub Topik Keteknikan: Teknologi dan Manajemen Transportasi, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Industri, Permesianan, Biotechnology, Energi. Sub Topik Sosial Sains dan Humaniora: Perubahan Iklim, Pelestarian dan Pengendalian Kualitas Lingkungan, Model Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning, Peran Public Relation Korporat, Pemerintahan, dan Masyarakat, Strategi Destination Branding, Teknologi Komunikasi, Media Baru, dan Media Alternatif dalam Pengembangan Potensi Daerah, Model Pembelajaran Berbasis TIK, UMKM, Ekonomi Kreatif, Ekonomi Kerakyatan, dan Kewirausahaan, Bahasa dan Linguistic, Sastra dan Budaya, Pembudayaan Nilai-Nilai Karakter, Religius.

Alamat Redaksi: Jl. Jabon Km 0,7 Mojoanyar Gd. Hajar Ibrahim Lt. 2 Universitas Islam Majapahit Mojokerto Telp/Fax. (0321) 399474, Email: snp2munim@gmail.com. Prosiding ini merupakan versi online dari edisi cetak SNP2M yang diterbitkan oleh LP4MP Universitas Islam Majapahit Mojokerto.
Online ISSN: 2655-9781

Untuk mengakses artikel yang dimuat dalam prosiding ini, silahkan klik ARCHIVES.