PENINGKATAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE UNTUK GURU MATEMATIKA DI BANTEN SEBAGAI UPAYA MENUJU ERA INDUSTRI 4.0

Authors

  • Mohamad Jihan Shofa

DOI:

https://doi.org/10.36815/snp2m.v0i1.309

Keywords:

Era Industri 4.0, kurikulum, media online

Abstract

 

Era industri 4.0 menuntut dunia pendidikan bertransformasi dalam berbagai aspek. Dalam rangka merespon kemajuan teknologi tersebut, kurikulum pembelajaran didorong untuk melakukan transformasi yaitu kurikulum pembelajaran perlu menggunakan media pembelajaran yang berbasis internet. Namun masih ditemukan kurangnya kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran khususnya berbasis internet. Oleh karena itu program ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi. Hasil yang dicapai adalah guru mampu menggunakan media pembelajaran berbasis online untuk bidang yang diajar.

To approve a single suggestion, mouse over it and click "✔" Click the bubble to approve all of its suggestions. To approve a single suggestion, mouse over it and click "✔" Click the bubble to approve all of its suggestions.

Author Biography

Mohamad Jihan Shofa

 

To approve a single suggestion, mouse over it and click "✔" Click the bubble to approve all of its suggestions.

References

[1] I. Sujadi, “Peran Pembelajaran Matematika pada Penguatan Nilai Karakter Bangsa di Era,” 2018, pp. 1–13.
[2] V. Puncreobutr, “Education 4.0: New Challenge of Learning,” St. Theresa J. Humanit. Soc. Sci., vol. 2, no. 2, pp. 92–97, 2016.
[3] A. Supriatna, “Kegiatan Lesson Study sebagai Upaya Guru untuk Menemukan Pembelajaran yang Memenuhi Keperluan Anak Hidup pada Zamannya ( Era Revolusi Industri 4 . 0 ),” in Seminar Nasional Edusainstek FMIPA UNIMUS 2018, 2018, pp. 1–5.
[4] C. Bremer, “New format for online courses : the open course Future of Learning Background and introduction : the concept of connectivism,” 2012. [Online]. Available: http://www.e-learning-baltics.de/science_program/ .
[5] M. Hsieh, “Online Learning Era : Exploring the Most Decisive Determinants of MOOCs in Taiwanese Higher Education,” Eurasia J. Math. Sci. Technol. Educ., vol. 12, no. 5, pp. 1163–1188, 2016.
[6] S. Putrawangsa and U. Hasanah, INTEGRASI TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN DI ERA INDUSTRI 4 . 0, vol. 16, no. 1. 2018.
[7] N. Nurdyansyah and E. F. Fahyuni, Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2016.

Published

2019-02-04