THE DEVELOPMENT OF INSTRUCTIONAL MEDIA : A BILINGUAL BOOK ABOUT PORANG (ELEPHANT FOOT YAM)

Authors

  • Eric Dheva Tachta Armada Universitas Islam Majapahit
  • Pipit Sari Puspitorini Universitas Islam Majapahit
  • Andhika Cahyoo Putra Universitas Islam Majapahit
  • Atmiral Ernes Universitas Islam Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.36815/snp2m.v0i1.323

Keywords:

Porang, Buku Dwibahasa, Ketertarikan siswa

Abstract

Porang menjadi salah satu hasil panen terbesar di desa jembul namun terdapat permasalahan yang cukup
fatal di desa tersebut yaitu peniliti tidak dapat menemukan satu pun buku tentang porang di desa ini.
Mengingat betapa besarnya hasil panen porang. Sehingga pada akhirnya peneliti memtuskan untuk membuat
buku tentang porang dan buku yang di kembangkan merupakan buku dwibahasa. Berdasarkan hasil
observasi di Sekolah Dasar Jembul siswa cenderung merasa senang dan tertarik ketika membaca sebuah
buku yang berisikan lebih dari satu bahasa yaitu bahasa indonesia dan bahasa inggris.

References

[ 1 ] Brown Douglas. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Pearson Education. Inc..2007
[ 2 ] Chamberlin-Quinlink. 2008. Cooperative learning as methodology and model in second
language teacher education. New York: The Pennsylvania State University
[ 3 ] Church, E. 2010. Bilingual Education and Democracy1. Eastern Michigan University: 112116
[ 6 ] Suparta, dkk. 2011. Mengembangkan Perangkat Pembelajaran Matematika Bilingual
Berorientasi Pemecahan Masalah Upaya Meningkatkan Pemahaman Matematika dan
Keterampilan Komunikasi Matematika Bilingual Siswa. Laporan penelitian. UNDIKSHA.
[ 7 ] Istianti “Implementasi Pembelajaran Bilingual Sebagai Wujud Rintisan Sekolah Bertaraf
Internasional di SMP Negeri 2 Klaten Tahun ajaran 2008/2009”
[ 8 ] Sugiono. METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF DAN R&D. Bandung:
Alfabeta. cet. 18. 2013.

Published

2019-02-04