BLUE OCEAN STRATEGY SEBAGAI METODEPEMASARAN CHIP PORANGPADA PETANI PORANG DESA JEMBUL

Authors

  • Lailatul Mukarromah Universitas Islam Majapahit
  • Pipit Sari Puspitorini Universitas Islam Majapahit
  • Andika Cahyono Putra Universitas Islam Majapahit
  • Admiral Ernes Universitas Islam Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.36815/snp2m.v0i1.327

Keywords:

Perencanaan Pemasaran,, Umbi Porang, Blue Ocean Strategy

Abstract


Perencanaan pemasaran chip porang perlu dilakukan dalam kompetisi untuk menciptakan peluang
pemasaran yang menguntungkan. Budidaya umbi porang di desa jembul sangat potensial karena letak desa
yang sangat strategis yaitu berada di kawasan lereng gunung semar dan gunung anjasmoro yang memiliki
cuaca sejuk, dengan menggunakan metode blue ocean strategy membuat sebuah siasat untuk mengalahkan
pesaing melalui tawaran fitur produk yang inovatif yang selama ini diabaikan oleh para pesaing. Hasil dari
penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode blue ocean strategy yang terbagi menjadi kanvas strategi
dan kerangka kerja empat langkah membuat proses pemasaran chips porang di desa jembul bisa berjalan
efektif dan efisien

References

[1] Suhartati, R. S., “Tumbuhan Porang: Prospek Budidaya sebagai Salah Satu Sistem
Agroforestry,” vol. 12, pp. 97–110, 2015.
[2] Faridah, A., “Identifikasi Porang Glukomanan Hasil Optimasi Ekstraksi,” vol. 8, pp. 141-148.,
2014.
[3] Teguh, R., “Pengaruh Penerapan Blue Ocean Strategy terhadap Profitabilitas PT. Permata
Subur Abadi Jaya,” vol. 15, pp. 177–190, 2018.
[4] Kho, M. C., (2014). Perumusan Blue Ocean Strategy sebagai Strategi Bersaing pada
Perusahaan Keluarga . Agora, ii., 2nd ed. CV. GAMA ABADI, 2014.

Published

2019-02-04