PENGENALAN TANAMAN PORANG KEPADA SISWA TAMAN KANAK-KANAK DAN SEKOLAH DASAR DI DESA JEMBUL MELALUI MEDIA BERGAMBAR

Authors

  • Muhammad Zain Isa Ansori Universitas Islam Majapahit
  • Pipit Sari Puspitorini Universitas Islam Majapahit
  • Andhika Cahyono Putra Universitas Islam Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.36815/snp2m.v0i1.329

Keywords:

porang, media bergambar, buku cerita, sekolah

Abstract

Tanaman porang telah menjadi tumpuan utama perekonomian penduduk Desa Jembul. Penulis tertarik
untuk melakukan sebuah pemberian pembelajaran pengenalan tanaman porang sejak usia dini kepada siswa
Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar di Desa Jembul melalui media bergambar. Tujuannya yaitu untuk
mengetahui media bergambar apa yang harus digunakan dan keunggulan apa yang diperoleh dari media
tersebut dalam proses pengenalan tanaman porang. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penulisan ini
adalah pemilihan media bergambar berupa buku cerita bergambar. Keunggulan dari pemilihan buku cerita
bergambar sebagai media pengenalan tanaman porang begitu banyak di antaranya mampu meningkatkan
gairah baca siswa dan mempertajam daya ingat.

References

[1] R. Hidayat, dkk. Tanaman Porang: Karakter, Manfaat dan Budaya. Yogyakarta: Graha
Ilmu, 2013.
[2] B. Nurgiyantoro. Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah
Mada University Press, 2016.
[3] A. Arsyad. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2014.
[4] Elisabeth Tantiana Ngura. “Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk
Meningkatkan Kemampuan Bercerita dan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini di TK
Maria Virgo Kabupaten Ende” vol. 05, no. 01, hlm. 06-14. 2018
[5] Adipta Hendra, dkk. “Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Sebagai Sumber Bacaan Siswa
SD,” vol. 01, no. 05, hlm. 989-982. 2016.

Published

2019-02-04