KAJIAN PRAGMATIK PADA BANNER “PITIK CILIK: BELI DADA GRATIS PAHAâ€
DOI:
https://doi.org/10.36815/snp2m.v0i1.336Keywords:
pragmatik, tindak tutur, perlokusi, implikaturAbstract
Tujuan tulisan ini ialah untuk mendeskripsikan kajian pragmatik terhadap banner/spanduk iklan berbahasa. Data yang diperoleh ialah salah satu banner yang terpasang di pinggir jalan. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis noninteraktif dan interpretasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat makna semantis, tindak tutur: perlokusi dan kalimat komisif, serta implikatur.
References
Djajasudarma, T. Fatimah. 2012. Wacana dan Pragmatik. Bandung: PT Refika Aditama.
Sulistyo, Edy Tri. 2013. Pragmatik: Suatu Kajian Awal. Surakarta: UNS Press.
Wijana, I Dewa Putu dan M. Rohmadi. 2009. Analisis Wacana Pragmatik: Kajian Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sulistyo, Edy Tri. 2013. Pragmatik: Suatu Kajian Awal. Surakarta: UNS Press.
Wijana, I Dewa Putu dan M. Rohmadi. 2009. Analisis Wacana Pragmatik: Kajian Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma Pustaka.
Published
2019-02-06
Issue
Section
Articles