ANALISIS METADISCOURSE DALAM TEKS DESKRIPTIF MAHASISWA TEKNIK INDUSTRI
DOI:
https://doi.org/10.36815/snp2m.v0i1.345Keywords:
teks deskripsi, metadiscourse interaktif, metadiscourse interaksionalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis metadiscourse apa saja yang digunakan dan menjelaskan fungsi metadiscourse yang digunakan mahasiswa dalam mendeskripsikan produk secara tertulis. Penelitian kualitatif ini merupakan penelitian analisis konten karena data-data terdapat dalam bentuk teks tertulis yang diambil dari enam teks deskriptif mahasiswa teknik industri. Selain itu, penelitian ini menginvestigasi makna yang direfleksikan dan karakteristik tertentu dalam penggunaan metadiscourse. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada dua jenis dan enam sub-jenis metadiscourse yang digunakan dalam teks deskriptif mahasiswa. Frame markers merupakan yang dominan dalam metadiscourse interaktif sedangkan attitude markers merupakan yang paling digunakan dalam metadiscourse interaksional. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa mencoba untuk membujuk pembaca dengan menjelaskan tujuan dan menekankan pentingnya sesuatu yang ada dalam produk dan hal yang menarik dalam produk yang dideskripsikan. Data analisis ini merekomendasikan bahwa metadiscourse bisa digunakan sebagai materi dalam mengajar keterampilan menulis mahasiswa.
References
Ary, D et al. 2010. Introduction to Research in Education. Wadsworth: Cengage Learning.
Creswell, J. W. 2012. Educational Research. Boston: Pearson Education.
D’ Angelo, F.K.1977. Process and Thought in Composition. Massachusetts: Winthrop Publisher, Inc.
Emilia, E & Christie, F. 2013. Factual Genres in English: Learning to Write, Read, and Talkabout factual Information. Bandung: Rizqi Press.
Farrokhi, F and Somayeh A. 2009. “Textual Metadiscourse Resources in Research Articles.†Journal of English Language. Volume 52. No.212: 39-72.
Hyland, K. 2013. Discourse Studies Reader. London, New York: Bloomsbury.
_________ 2005. Metadiscourse: Exploring Interaction in Writing. London, New York: Continuum.
_________ 2004. Genre and Second Language Writing. Michigan: The University of Michigan Press.
_________ 1997. “Exploring Corporate Rhetoric: Metadiscourse in the CEO’s Letter.†Journal of Business Communication. 35 (2): 224-245.
Knapp, P and Watkins, M. 2005. Genre, Text, Grammar. Sydney: University of New South Wales Press Ltd.
Lon, C. E, et al. 2012. “Conveying Communicative Intent: Moves and Metadiscourse in Abstract Writing.†International Journal of Applied Linguistic and English Literature. Volume 1. No. 7. ISSN 2200-3592: 56-65.
Tompkins, G.E. 1994. Teaching Writing: Balancing Process and Product. New York:Macmillan Publishing Company.