PEMANFAATAN WEB DAN SOSIAL MEDIA DALAM PENERAPAN INFORMASI PEMASARAN CHIP PORANG DI DESA JEMBUL

Authors

  • Sela Rahmadani Universitas Islam Majapahit
  • Pipit Sari Puspitorini Universitas Islam Majapahit
  • Andhika Cahyono Putra Universitas Islam Majapahit
  • Atmiral Ernes Universitas Islam Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.36815/snp2m.v0i1.348

Keywords:

Teknologi, Chips Porang, WebsiteSosial Media Pemasaran.

Abstract

Teknologi merupakan sebuah alat atau system yang dikembangkan oleh manusia yang digunakan untuk
memudahkan manusia dalam kehidupan sehari-hari atau menyelesaikan pekerjaan. Salah satu kegiatan yang
memerlukan pemanfaatan dari web dan sosial ini yaitu pemasaran chips porang. Diperlukannya pemasaran
chips porang yaitu karena penjualan chips porang saat ini masih dilakukan secara manual yaitu menjual
chips porang pada tengkulak setempat dengan harga yang standar. Faktor lain yang perlu diperhatikan yaitu
sedikitnya tengkulak yang membeli chips porang. Dengan melakukan kegiatan pemasaran melalui web dan
social media, strategi ini merupakan sebuah bentuk promosi yang dilakukan untuk memperkenalkan produk
kepada konsumen. Dilihat dari penggunaan web dan sosial media yang sangat banyak jumlahnya maka
bentuk pemasaran ini sangat menguntungkan untuk mencari konsumen dengan mudah serta menjangkau
pasar bebas yang memiliki banyak pembeli dengan kriteria dan harga yang bermacam-macam. Penelitian ini
bertujuan untuk menerapkan teknologi sebagai media pemasaran chips porang secara mudah dan murah.

References

[1] A. Faridah., Widjanarko, B.S., Sutrisno, A., Susilo, B. Optimasi Produksi Tepung Porang
Dari Chip Porang Secara Mekanis Dengan Metode Permukaan Respons. Jurnal Teknik
Industry. Vol, 13. No, 2. 2012.
[2] Budiana, H.R., Sjafirah, N.A., Bakti, I. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi
dan Pembelajaran Dari Para Guru SMPN 2 Kawali Desa Cieteurup Kabuapaten Ciamis.
Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat. Vol, 4. No, 1. 2015.
[3] Irkhamiyati. Evaluasi Persiapan Perpustakaan Stikes Aisiyah Yogyakarta Dalam
Membangun Perpustakaan Digital. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Vol, 13. No,
1. 2017.
[4] Ekawati, N.W., Jejaring Sosial / Facebook Sebagai Media E-pengecer. Buletin Studi
Ekonomi. Vol, 17. No, 2. 2017.
[5] Kusuma, T.W., Penerapan Strategi Pemasaran Yang Tepat Bagi Perusahaan Dalam
Meningkatkan Volume Penjualan Pada Pt Hikmah Citra Perkasa Jakarta. Riset Mahasisa
Ekonomi. Vol, 2. No, 1. 2015.

Published

2019-02-06