MEDIA NOMIK SMP SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI DESA GADING MOJOKERTO

Authors

  • Rani Jayanti Universitas Islam Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.36815/snp2m.v0i1.350

Keywords:

media nomik, inovasi pembelajaran, bahasa indonesia.

Abstract

edia nomik dapat dimanfaatkan sebagai inovasi dalam pembelajaran yang dapat memotivasi peserta didik.
Media merupakan sarana yang penting dalam pembelajaran, karena tanpa media yang menarik peserta didik
akan sulit untuk memahami materi. Selain itu, media buku pembelajaran yang ada di sekolah sangat minim,
dan menyebabkan peserta didik tidak tertarik untuk keperpustakaan. Tujuan PKM diharapkan guru MTs
Darun Najah dapat membuat media nomik pembelajaran agar peserta didik lebih giat dalam membaca
karena model media yang digunakan menarik. Metode pelaksanaan menggunakan action research
perencanaan, tindakan, evaluasi, refleksi. Hasil dari PKM berupa guru MTs Darun Najah dapat membuat
media nomik dan hasil luaran dapat berupa produk buku nomik yang ber ISBN.

References

[1]
Anitah, Sri. 2012. Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.
[2] Aqib, Zainal. 2013. Model-Model Media dan Stategi Pembelajaran Konstekstual
(Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
[3] Daryanto. 2010 . Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.
[4] Lestari, Ika. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi Sesuai dengan
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Index.
[5] Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi
Pustaka Publisher.
[6] Sanjaya, W. 2010. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Published

2019-02-06