BUDAYA LITERASI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DI ERA INDUSTRI REVOLUSI 4.0

Authors

  • Asih Andriyati Mardliyah

DOI:

https://doi.org/10.36815/snp2m.v0i1.334

Keywords:

Industri 4.0, Berpikir, Budaya, Kritis, Literasi.

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran budaya literasi terhadap keterampilan berpikir kritis serta implementasi budaya literasi di sekolah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan kajian studi pustaka. Hasil penelitian menyatakan bahwa budaya literasi memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Hal ini tentunya juga akan memberikan dampak pada kesiapan bangsa Indonesia dalam menghadapi kehidupan di Era Indutri Revolusi 4.0 sehingga mampu berkompetisi sampai kancah internasional.

References

Jawa Pos. 2 Mei 2018.”Hadapi Revolusi Industri 4.0, Kemendikbud Buat Lima Kompetensi”. [Online]. Tersedia dalam https://www.jawapos.com. Diakses pada 5 Desember 2018.
Replubika. 20 Februari 2018. “Minat Baca di Indonesia Disebut Masih Rendah”. [Online]. Tersedia dalam https://republika.co.id. Diakses pada 5 Desember 2018.
CNN Indonesia. 27 Maret 2108. “Minat Baca Masyarakat Indonesia Masih Rendah”. [Online]. Tersedia dalam https://m.cnnindonesia.com. Diakses pada 5 Desember 2018.
Yahya Muhammad. “Era Industri 4.0: Tantangan dan Peluang Perkembangan Pendidikan Kejuruan Indonesia”. Disampaikan pada sidang terbuka luar biasa senat Universitas Negeri Makassar Tanggal 14 Maret 2018. [Online] Tersedia dalam eprint.unm.ac.id. Diakses pada 5 Desember 2018.
Zubaidah Siti. “Keterampilan Abad ke 21: Keterampilan yang Diajarkan melalui Pembelajaran”. Universitas Negeri Malang. Disampaikan pada Seminar Nasional Pendidikan 10 Desember 2016 di Progam Studi Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang Kalimantan Barat. 2017. [Online] Tersedia dalam https://www.researchgate.net . Diakses pada 5 Desember 2018.
Dewi Finita. “Proyek Buku Digital: Upaya Peningkatan Keterampilan Abad 21 Calon Guru Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek”. Metode Didaktik, Vol 9 No.2. 2015. [Online] dalam www.academia.Edu. Diakses pada 5 Desember 2018.
Istianah. “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematik dengan Pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs) Pada Siswa SMA”. Jurnal Ilmiah Progam Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Vol. 2, No.1 : 43-54. 2013.
Kowiyah. “Kemampuan Berpikir Kritis”. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 3, No. 5 : 175-179. 2012.
Suragangga, I Made N. “Mendidik Lewat Literasi untuk Pendidikan Berkualitas”. Jurnal Penjaminan Mutu, Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar. Vol 3, No, 2 : 154-163. 2017.
Armia dan Zuriana. “Pentingnya Literasi untuk Pendidikan Anak Usia Dini”. Langgam Bahasa, Vol.11, No. 2 : 161-167. 2017

Published

2019-02-06